Koin Shiba Inu: lebih dari sekadar sensasi?

Koin Shiba Inu: lebih dari sekadar sensasi?

Diperbarui • 2022-12-15

Beberapa mata uang kripto, seperti Bitcoin atau Ethereum, memiliki kegunaan dan nilai nyata bagi dunia. Mata uang kripto lainnya, seperti Litecoin atau Binance Coin, digunakan untuk mengembangkan teknologi dan sebagai token pertukaran (native token). Namun, kami tidak akan membicarakannya hari ini. Terdapat banyak mata uang kripto yang dibuat sebagai lelucon, dan kita akan membahas salah satunya. Itu adalah Shiba Inu, atau SHIB!

Cerita dibalik Shiba

Semuanya dimulai pada tahun 2013. Setelah Bitcoin dibuat, lusinan proyek lain mencoba untuk mendapatkan bagian pasar dan menawarkan berbagai teknologi serta solusi dalam upaya untuk menjadi terkenal. Namun, di antara mereka terdapat Dogecoin. Anda mungkin sudah tahu tentang DOGE. Koin meme ini dibuat sebagai lelucon, hanya untuk mengolok-olok penggemar Bitcoin dan mata uang kripto. Namun, kepopuleran DOGE tiba-tiba meledak ketika Elon Musk mulai mengiklankannya tanpa henti. Dalam waktu kurang dari setahun, kapitalisasi pasar Dogecoin mencapai $81 miliar.

Dogecoin telah memulai tren aneh tetapi menarik pada koin yang mengusung tema hewan.

Pertama, terdapat Nyancoin yang mewakili meme Nyan Cat yang terkenal di dunia.

Nyan cat.jpg

Kedua, Pandacoin yang dibuat di Tiongkok dan diluncurkan pada Hari Valentine, 14 Februari.

Panda.jpg

 Ketiga, pilihan kami hari ini yaitu koin Shiba Inu.

Shib.jpg

Apa itu koin Shiba?

Diluncurkan pada Agustus 2020 oleh orang tak dikenal bernama Ryoshi, Shiba Inu merupakan pesaing bagi Dogecoin sejak awal. Maskotnya, jenis anjing Jepang dengan nama yang sama, juga tidak berbeda dari maskot Dogecoin, yang awalnya dibuat sebagai lelucon berdasarkan meme Internet anjing yang viral.

imgonline-com-ua-Resize-XQlY0HWUuuGsmk.jpg

Shiba Inu (SHIB), juga dikenal secara informal sebagai Shiba Token, yaitu mata uang kripto terdesentralisasi yang dibuat pada Agustus 2020 oleh orang yang tidak dikenal dengan nama alias “Ryoshi.” Koin Shiba Inu diluncurkan kurang dari setahun yang lalu dan dinamai berdasarkan jenis anjing Jepang, yang dianggap sebagai “pembunuh Dogecoin.”

Seperti banyak mata uang kripto lainnya, Shiba Inu didasarkan pada blockchain Ethereum. Ryoshi memulai koin Shiba dengan pasokan 1 kuadriliun token, atau sebanyak 1.000.000.000.000.000 token. Ryoshi kemudian mengunci setengah dari total token dalam protokol keuangan terdesentralisasi Uniswap dan “memberikan” setengah sisanya, senilai $1 miliar, kepada salah satu pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, untuk disimpan. Buterin kemudian menyumbangkan triliunan koin Shiba Inu ke India untuk membantu penanganan COVID-19, donasi mata uang kripto terbesar dalam sejarah, sebelum “membakar” 40% dari total pasokan yang dia miliki ke “dompet mati.”

Tidak seperti Bitcoin, yang saat ini ditradingkan di kisaran $46.000 (per 10 September 2021), Shiba Inu ditradingkan jauh lebih murah di kisaran $0.00000671 per token. Logikanya adalah koin yang lebih murah menarik khalayak yang lebih luas. Dogecoin, sebagai perbandingan, ditradingkan dengan harga $0.26 yang jauh lebih mahal.

Ada koin lain di ekosistem Shiba, yaitu LEASH yang penerbitannya terbatas sebanyak 107.646 token, dan BONE yang memiliki 250.000.000 token, “dirancang agar memaksimalkan suplai sirkulasi” (sebagaimana dinyatakan oleh Ryoshi).

Bagaimana dengan prakiraan harga Shiba?

Saat ini, kita dapat melihat bahwa SHIB bergerak di dalam saluran harga $0.00000935 dan $0.00000550. Baru-baru ini, SHIB telah terdaftar di salah satu bursa mata uang kripto paling berpengaruh, Coinbase. Biasanya, pasar menganggapnya sebagai tanda bullish (naik) karena popularitasnya meningkat. Meskipun demikian, sebaiknya tetap akan berhati-hati. Biasanya harga kripto akan terjun jauh setelah muncul di Coinbase.

Grafik harian SHIB/USDT

Support: 0.00000550, 0.00000400

Resistance: 0.00000935, 0.000001200

imgonline-com-ua-Resize-hV6emK25JyY8x.jpg

Lagi pula, mengapa tidak? Shiba berpeluang sama dengan dogecoin. Dengan pengakuan luas dan pasar kripto yang sangat bullish (dari waktu ke waktu), SHIB mungkin menjadi kandidat berikutnya untuk terbang naik “to the moon.” Namun perlu diingat, SHIB adalah koin meme! SHIB tidak memiliki kegunaan nyata atau hanya sebatas lelucon. Pahami risikonya dan berhati-hatilah dengan investasi semacam itu. Meskipun demikian, keuntungannya bisa sangat luar biasa. Dogecoin telah memperoleh keuntungan hingga %110.000 kurang dari setahun, mengapa Shiba tidak bisa melakukan hal yang sama?

Tidak tahu cara trading kripto? Mudah, berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Pertama, pastikan Anda telah mengunduh aplikasi FBS Trader atau Metatrader 5. FBS Trader memungkinkan Anda untuk trading saham melalui software ini.
  2. Buka akun di FBS Trader atau MT5 di personal area Anda.
  3. Mulai trading!

Menyerupai

Yen Jepang Terus Terpuruk, Targetkan Level Psikologis
Yen Jepang Terus Terpuruk, Targetkan Level Psikologis

Yen Jepang kembali mencatat penurunan untuk hari ketiga berturut-turut di hari Rabu (27/03/2024), menyusul ketidakpastian mengenai langkah kebijakan ..Di sisi lain, indeks dolar AS, yang saat ini terus mendapat dukungan dari prospek ekonomi AS yang optimis

Risiko Intervensi Hentikan Pelemahan Yen Jepang
Risiko Intervensi Hentikan Pelemahan Yen Jepang

Pasar saham Asia bergerak datar dengan bias bearish pada perdagangan Senin (25/03/2024), karena sentimen tetap tegang menjelang data ekonomi utama minggu ini, sementara risiko intervensi mata uang dari Jepang menghentikan

Berita terbaru

Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi
Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi

Pasar saham Asia memiliki sentimen sideways dengan bias bearish pada perdagangan Kamis (28/03/2024), karena adanya sentimen ketidakpastian menjelang data indeks harga PCE AS..penjualan ritel Australia dirilis lebih kecil dari perkiraannya.

USDCAD Berusaha Hentikan Penurunan Tiga Hari
USDCAD Berusaha Hentikan Penurunan Tiga Hari

USDCAD terlihat berusaha keras mempertahankan momentum bullish pada hari Kamis (28/03/2024),..Pasar akan berfokus pada data PDB Kanada yang dirilis malam ini pukul 19.30 WIB.

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera