Tangkap gelombangnya dengan strategi trading swing

Tangkap gelombangnya dengan strategi trading swing

Diperbarui • 2023-04-03

Saat mencoba menemukan keseimbangan yang sempurna antara strategi day trading dan scalping, para trader dapat menemukan gaya trading menarik yang berada di tengah-tengah. Nama artikelnya berbicara sendiri: hari ini kita akan berbicara tentang swing trading. Jadi, apa itu swing trading?

Swing trading adalah pendekatan khusus untuk trading, yang menggabungkan analisis fundamental dan teknis. Swing trading mengingatkan kita pada olahraga selancar: Anda menangkap gelombangnya ketika harga berubah arah. Jika Anda memilih gaya trading ini, Anda menahan posisi Anda selama beberapa hari. Oleh karena itu, Anda harus terbiasa dengan prinsip utama manajemen ukuran posisi dan mekanisme swap.

Anda mungkin sudah menduga bahwa swing trading bekerja dengan sempurna selama pasar sedang sideway, karena dalam situasi itu harga berfluktuasi dalam level tertentu. Di waktu yang sama, “swing-catching” juga memungkinkan ketika harga sedang mengkoreksi pada tren.

Jika swing trading terdengar terlalu rumit bagi Anda, kami akan dengan senang hati meyakinkan Anda dengan strategi swing yang bagus yang disebut “H4 crossover”. Aturannya sesederhana namanya! Mari lihat detailnya.

Pertama-tama, mari pertimbangkan kondisi dasar untuk strategi ini. Antara lain:

  • Timeframe: H4
  • Indikator: 89-period SMA, 21-period EMA (dengan aplikasi untuk menutup harga), dan MACD oscillator dengan setting standar (12, 26, 9).
  • Pasangan mata uang: EUR/USD, GBP/USD, AUD/USD, USD/CAD, EUR/GBP, EUR/AUD, EUR/JPY, GBP/JPY, USD/JPY, GBP/CHF, USD/CHF, EUR/CHF.

Jangan lupa tentang manajemen keuangan. Target risiko dan profit maksimum Anda per trade harus sesuai dengan sekitar 1-2% dari saldo akun. 

Langkah-langkah strategi akan, seperti biasa, disajikan untuk skenario “jual” dan “beli”.

Algoritma skenario “beli”

  1. Pertama, kita menunggu EMA 21 periode melewati SMA 89 periode ke atas.
  2. Harga seharusnya naik lebih tinggi tapi kemudian menelusuri kembali dengan MACD turun.
  3. Kita menempatkan order “entry” pada harga penutupan di candle hijau pertama setelah MACD berbalik naik. (Pemberitahuan penting: harga harus lebih tinggi dari EMA 21 periode. Jika tidak, Anda harus melewati tradenya.
  4. Stop Loss berjalan 4-10 pips di bawah level support signifikan sebelumnya.
  5. Take Profit ditempatkan pada jarak yang sama dengan Stop Loss.

 Di bawah ini kami memberikan contoh strategi pada grafik H4 EUR/USD.

Example 1.png

Pada grafik, kita dapat melihat bahwa EMA 21 periode (garis kuning) menembus di atas SMA 89 periode (garis abu-abu) pada tanggal 6 Oktober. Harga melonjak lebih tinggi, tapi kemudian terkoreksi ke bawah. Pada saat yang sama, MACD sedang turun. Kami menunggu harga bergerak naik kembali di atas rata-rata dan menunggu MACD untuk naik. Setelah itu, kami membuka posisi di 1.1776 (harga penutupan candlestick bullish). Kami menempatkan Stop Loss 5 pips di bawah support di 1.1728. Level Take Profit ditempatkan pada jarak yang sama antara order “beli” dan Stop Loss, yaitu 48 pips.  Hasilnya, Take Profit kita menjadi: 1.1776+48=1.1824.

Algoritma skenario “jual”

  1. Sebagai kemudian lain dari skenario “beli”, kita menunggu EMA 21 periode melewati SMA 89 periode ke sisi bawah.
  2. Di sini, kami mengharapkan harga turun tetapi kemudian mengoreksi ke atas dengan MACD naik.
  3. Kita membuka posisi “jual” pada harga penutupan di candle merah pertama setelah MACD mulai turun lagi. Pemberitahuan penting: harga harus lebih rendah dari EMA 21 periode. Jika tidak, Anda harus melewati tradenya.
  4. Stop Loss berjalan 4-10 pips di atas level resistensi signifikan sebelumnya.
  5. Take Profit ditempatkan pada jarak yang sama dengan Stop Loss.

Example 2.png

Dalam grafik yang sama pada EUR/USD, kami melihat bahwa EMA 21 periode (garis kuning) menembus di bawah SMA 89 periode (garis abu-abu). Harga kemudian bergerak turun dan naik. MACD juga bergerak lebih tinggi. Kita menunggu osilator berbalik lalu membuka order “jual” pada harga penutupan dari candlestick merah. Stop loss ditempatkan di atas level resistance di 1.0899, sementara take profit ditempatkan di 1.0811 (1.0855-0.0044=1.0811).

Strategi ini terlihat lumayan mudah bukan? Dengan mengikuti aturan sederhana yang dijelaskan di atas, Anda dapat menguasai swing trading dengan cukup efektif. Kami menyarankan Anda untuk mencobanya di akun demo terlebih dahulu untuk pengujian ulang dan kemudian menerapkannya di lingkungan pasar nyata.

TRADING SEKARANG

Baca lebih lanjut

Menyerupai

Strategi Trading Pin Bar
Strategi Trading Pin Bar

Terkadang grafik atau pola candlestick dapat memberikan sinyal masuk yang bagus ketika terletak pada level tertentu. Pin bar adalah salah satu pola candlestick yang cukup andal dan terkenal, dan ketika trader melihatnya pada grafik, harga kemungkinan besar akan segera berubah arah.

Pertanyaan yang sering diajukan

  • Bagaimana cara membuka akun di FBS?

    Klik tombol 'Buka akun' di situs web kami dan lanjutkan ke Personal Area. Sebelum Anda memulai trading, selesaikan dulu proses verifikasi profil. Konfirmasikan alamat email dan nomor telepon Anda, dan verifikasi ID Anda. Prosedur ini bertujuan untuk memastikan keamanan dana dan identitas Anda. Setelah Anda menyelesaikan prosedur ini, silakan login ke platform pilihan Anda, dan silakan memulai trading. 

  • Bagaimana cara memulai trading?

    FBS dan karier Forex diperuntukkan hanya kepada klien yang berusia 18 tahun ke atas. Untuk memulai trading, Anda harus memiliki akun di broker dan pengetahuan yang cukup, minimal tentang karakteristik aset di pasar keuangan. Mulailah dengan mempelajari dasar-dasarnya dengan materi edukasi gratis dari kami dan buka akun di FBS. Anda bisa mengamati lingkungan trading terlebih dahulu dengan dana virtual di akun Demo. Apabila sudah siap, Anda bisa memasuki pasar yang sesungguhnya dan trading dengan sukses.  

  • Bagaimana cara menarik profit yang dihasilkan di FBS?

    Prosedurnya sangat mudah. Cukup masuk ke halaman Penarikan Dana di situs web atau menu Keuangan di Personal Area FBS dan tarik dana Anda. Anda bisa menarik profit Anda melalui sistem pembayaran yang sama seperti yang Anda gunakan saat deposit. Jika Anda mendanai akun melalui berbagai metode, tarik profit Anda melalui metode yang sama berbanding dengan jumlah yang didepositkan.

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera